Kekurangan dan kelebihan bitcoin

Kelebihan dan kekurangan bitcoin

Seperti halnya mata uang yang lainnya bitcoin juga mempunyai kelebihan dan kekurangan yang membustnya banya disukai dan ada beberapa yang tidak menykainya, karenabeberapa alasan. Adapun kelebihan dan kekurangannya sebagai berikut :

Kelebihan

Keamanan
Dengan sistem keamanan kriptografi bitcoin sangat sulit untuk dipalsukan hal ini jelas berbanding terbalik dengan mata uang konvensional yang sangat mudah di palsukan. 

Terlebih jumlah bitcoin yang telah tercipta dan transaksi yang dilakukan setiap hari akan tercatat di blockchain sehingga akan diketahui berapa jumlah bitcoin yang ada dan transaksi yang telah dilakukan.
Jadi BitCoin ini sangat aman untuk di gunakan.

Mudah di Gunakan
Mata uang digital yang satu ini sangat mudah di gunakan karena mata uang yang satu ini bersifat digital dan sudah di akui oleh dunia.

Jika mata uang konvensional membutuhkan rekening bank untuk melakukan transfer uang. Bitcoin hanya membutuhkan wallet atau dompet bitcoin yang dapat di buat dengan mudah dan tanpa persyaratan yang ribet seperti membuat rekening bank.

Kekurangan

Tidak Stabil
Berbeda dengan mata uang konvensional yang nilainya di pengaruhi oleh faktor ekonomi politik dan sebagainya sehingga perubahan nilainya tidak begitu signifikan.

Namun mata uang digital ini sangat mudah berubah nilainya setiap hari karena nilai dari bitcoin ini dipengaruhi oleh faktor minat penggunanya jadi jika peminatnya banyak maka nilai atau harganya semakin tinggi namun jika peminatnya berkurang maka nilainya akan berkurang.

Dan ada juga kemungkinan bahwa bitcoin akan tidak ada harganya jika peminatnya sudah tidak ada. Namun hal ini mustahil terjadi.

Bitcoin bisa hilang rusak atau terhapus
Karena bitcoin adalah sebuah file maka bitcoin bisa dengan mudah hilang rusak atau terhapus jika terjadi masalah pada perangkat yang kita gunakan.

Maka kemungkinan bitcoin akan hilang rusak atau terhapus bisa terjadi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon